Kamis, 14 Oktober 2010

Cara mengatasi booting error pada komputer

Banyak masalah yang terjadi pada waktu booting. Untuk mengatasinya Anda perlu tahu apakah masalah itu terjadi sebelum komputer menampilkan Windows splash screen. Bila ya kemungkinan besar terjadi masalah pada hardware atau BIOS. Bila windows tidak menampilkan desktop screen
Mungkin Anda pernah mengalami masalah seperti ini. Kompoter Anda sudah menampilkan splash screen tapi ditunggu sampai lama windows tidak juga menampilkan desktop screen. Untuk mengatasinya Anda perlu booting pada Safe Mode. Caranya, pada saat komputer selesai melakukan "proses" BIOS tekanlah tombol [Ctrl] sampai muncul berbagai menu pilihan. Setelah itu pilihlah Safe Mode. Jika Anda termasuk beruntung maka Anda bisa masuk windows sampai desktop screen. Klik kanan pada My Computer, pilih Properties. Pillih pada tab Device Manager. Bila Anda melihat tanda seru pada salah satu Device yang ada berarti terjadi "konfilk" device. Untuk itu Anda perlu men-disable hardware yang mengalami masalah. Setelah itu Anda bisa restart. Saat booting Windows langsung menampilkan "shutdown screen" Saat booting windows 95/98 komputer Anda langsung menampilkan tulisan : It's now safe to turn off your komputer" Penyebab : Hal ini karena file Vmm32.vxd atau wininit.exe mengalami kerusakan.
Solusi 


Anda harus meng-copy file wininit.exe dari cd Windows 95/98. Pada Windows 95 file wininit.exe terletak pada win95_11.cab. Untuk melakukan extract Anda dapat perlu masuk ke MS DOS Prompt lalu ketikkan extract . Bila Anda belum tahu perintah-perintah extract ketikkan extract /? lalu tekan enter.
2. Setelah itu restart komputer Anda.
Membuat file vmm32.exe baru
1. Restart komputer Anda. Untuk Windows 95, saat muncul tulisan "Starting Windows 95", tekan tombol F8, dan pilih Command Prompt Only. Untuk Windows 98, tekan terus tombol CTRL setelah komputer ANda melakukan Power On Self Test (POST), kemudian pilih Command Prompt Only.
2. Setelah itu pidah ke folder Windows\System dengan cara mengetikkan :
cd \windows\system
3. Ketikkan :
ren vmm32.vxd vmm32.old
Terakhir install lagi Cannot Find a Device File...Vnetsup.vxd
Saat booting windows 95 komputer Anda menampilkan pesan:
Cannot find a device file that may be needed to run Windows or a Windows application.
The Windows registry or System.ini file refers to this device file, but the device file no longer exists. If you deleted this file on purpose, try uninstalling the associated application using its uninstall program or setup program. If you still want to use the application associated with this device file, try reinstalling that application to replace the missing file.
Vnetsup.vxd -atau- Dfs.vxd
Penyebab :
Kesalahan tersebut dapat terjadi bila Anda menghapus komponen Microsoft Network (pada properties Network).
Solusi :
• Untuk mengatasinya, ikuti langkah-langkah berikut :
Buka registry (caranya klik tombol Start, pilih Run. Ketikkan regedit lalu klik OK). Hapuslah nilai StaticVxD pada subkey Vnetsup pada : HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlset\
Services\VxD\vnetsup

atau

hapuslah nilai StaticVxD pada subkey DFS pada : HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlset\
Services\VxD\dfs
• Install dan hapus komponen Microsoft Network

Caranya : dari Control Panel klik dua kali pada Network. Klik Add - Adapter - Add lagi. Pada kotak Manufacturers, klik Detected Network Driver. Pada kotak Network Adapters, klik Existing NDIS2 Driver, dan terakhir klik OK. Setelah itu tutup Network. Bila Windows meminta restart, restartlah. Setelah itu masuk lagi ke Control Panel, klik dua kali pada Network. Klik network adapter lalu klik Remove. Terakhir klik OK. Biasanya komputer akan meminta Restart. Ikuti saja....
4. Windows 95/98
Kerusakan pada file win.com
Saat booting windows 95/98 komputer Anda menampilkan pesan:
• The following file is missing or corrupted: Win.com
• The following file is missing or corrupted: Win.com
• Program too big to fit in memory Cannot find Win.com, unable to continue loading Windows
• Program too large
Penyebab :
Hal ini bisa terjadi bila file win.com mengalami kerusakan. Ukuran untuk file win.com yang tepat adalah sebagai berikut :
Windows 95: 22,679 bytes
Windows 95 OSR 2 24,503 bytes
Windows 98: 24,791 bytes
Solusi :
Untuk mengatasinya, Anda harus membuat file win.com baru dengan cara mengekstrak file win.cnf dari CD Windows. Langkah komplitnya sebagai berikut :
1. Ekstrak file win.cnf dari CD Windows ke folder C:\Windows. Adapun letak file win.cnf adalah : Pada Windows 95 terletak pada file Win95_03.cab Pada Windows 98 terletak pada file Win98_28.cab
2. Setelah diekstrak kemudian gantilah nama win.cnf menjadi win.com. Caranya : ren c:\windows\win.cnf c:\windows\win.com
3. Terakhir restartlah komputer Anda
Saat shutdown windows 95/98 tidak menampilkan "shutdown screen"
Saat shutdown, windows 95/98 tidak menampilkan "shutdown screen" yang berupa tulisan It's now safe to turn off your computer.
Penyebab & Solusinya :
1. Komputer tidak dapat men-shutdown suatu program.
Sebelum komputer melakukan shutdown maka terlebih dahulu dia akan menutup program-program yang masih berjalan. Program-program tersebut bisa berupa antivirus, utility, atau yang lainnya. Nah, bila komputer Anda tidak bisa melakukan shutdown secara sempurna hal ini bisa terjadi karena komputer tersebut tidak dapat men-shutdown suatu program. Sebagai contoh pada program NetMedic. Pada saat kita menjalankan program NetMedic maka program tersebut juga akan menjalankan syshook.exe sebagai virtual device driver. Tetapi pada saat kita keluar dari NetMedic file syshook.exe tersebut masih "tertinggal" di memori. Nah, file-file seperti syshook.exe inilah yang antara lain menyebabkan terjadinya masalah. Salah satu cara untuk "mematikan" syshook.exe adalah dengan menampilkan Task Manager yaitu dengan menekan tombol [Ctrl] [Alt] [Del]. Pilih file syshook.exe dan tekan End Task.
Bila Anda mengalami masalah seperti di atas, cara gampangnya adalah dengan menutup semua program (yang terdapat pada Task Manager) kecuali :

Explorer
Rnnapp Osa
(jika Anda menginstall MS Office)
light (jika Anda memakai modem)
systray

Setelah semua program telah ditutup Anda bisa melakukan Shutdown (atau Restart).
2. Windows 98 SE memang mempunyai masalah pada beberapa hardware tertentu. Tetapi Microsft telah mengeluarkan patch untuk masalah tersebut dan bisa Anda dapatkan di situs Microsoft
Tidak dapat menghapus file
Saat Anda menghapus file, muncul kotak dialog :
Cannot delete "nama_file", cannot find the specified path.
Make sure you typed the right path.
Penyebab :
Hal ini terjadi karena Recycle Bin mengalami corrupt. Masalah ini biasanya muncul jika Anda menginstall dan meng-uninstall software Fix-It Utilities.
Solusi :
Untuk mengatasinya, ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Restart komputer Anda.
2. Sebelum muncul logo Windows, tekan F8 lalu pilih Command Prompt Only.
3. Pada Dos Prompt, ketikkan :

attrib -r -s -h c:\recycled
deltree c:\recycled
Komputer hang bila menjalankan Delphi
Pada komputer yang menggunakan chip set S3 tertentu, seperti S3 Virge 3D/325, S3 Virge 3D/375, S3 Virge/GX, S3 Virge/DX, S3 Trio64V2- S3 Trio32 maka akan mengalami masalah bila menjalankan program Delphi, yaitu komputer menjadi hang pada saat splash screen Delphi muncul, dan proses hanya dapat direset dengan menekan tombol reset pada CPU. Masalah ini terjadi pada Delphi 3 sampai Delphi 5.
Penyebab :
Masalah ini timbul karena interaksi antara Delphi, Windows, dan driver dari video card tersebut; khususnya dalam penanganan ImageList.Delphi 3 dan Delphi 4 pada saat loading akan meng-construct suatu ImageList yang berukuran cukup besar (180+ image) untuk menampung icon/glyph pada component palette atau yang digunakan Delphi sendiri secara internal. Beberapa driver video card (terutama pada driver S3 chip yang disebutkan di atas) mempunyai bug dalam penanganan ImageList APIini. Ketika imagelist tersebut di-build dalam memory, karena ukurannya yang cukup besar, driver akan mencoba 'swapping' ke main RAM; hanya karena implementasinya masih kurang sempurna, proses ini akan menyebabkan windows menjadi 'hang'.
Solusi :
1. Anda bisa mencoba menjalankan delphi dengan command line switch "-ns" (i.e. : Delphi32.exe -ns) dari run-dialog atau modifikasi shortcut Delphi anda. Option ini akan menyebabkan delphi TIDAK menampilkan/loading splash screen yang biasa ditampilkan (logo + gambar venus) untuk menghemat memory.
2. Bila anda menggunakan Delphi 4, silakan apply Service Pack #2 yang bisa di-download dari website-nya Inprise. Delphi 4.02 akan mencoba mengatasi masalah ini dengan meng-construct imagelist tersebut secara manual di main RAM.
3. Edit file SYSTEM.INI anda, tambahkan "BusThrottle=1" di section [DISPLAY]; Lalu boot ulang system anda.
4. Salah satu cara yang hampir pasti berhasil adalah dengan mengurangi Hardware Acceleration settings untuk video card anda. Hal ini bisa di-set dari "Klik_Kanan_di_Desktop->Properties->Settings->Advanced->Performance" atau "Klik_Kanan_di_My_Computer->Properties->Performance->Graphics". Geserlah slider ke Settings "Basic" atau "None".
5. Cobalah beberapa jenis driver yang berbeda, karena biasanya untuk setiap chip ada beberapa versi driver. Driver terbaru bisa di download dari vendor anda atau di www.s3.com.

4 komentar:

  1. Wah artikelnya bisa jadi masukan baut ane.

    Ane punya artikel buat nambah pengetahua kita, tentang error message di internet. kasi tau meaning of error message dalam initernet. ni artikelnya Meaning of 400, 401, 402, 403, 404, 500, 509 error message kunjungi gan. nambah pengetahuan mengenai error message pada internet.

    BalasHapus
  2. Ibnea : Ok, makasih infonya gan, udah ane kunjungi ...

    BalasHapus
  3. Ibnea : linknya broken gan .. 'afwan

    BalasHapus
  4. info bAGUS GAN..MKCH...kunjng balik gan http://bisnisolbest.blogspot.com

    BalasHapus